Dinas Pertanian Pulang Pisau Berupaya Manfaatkan Lahan Rawa

  • Oleh James Donny
  • 04 November 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pertanian Pulang Pisau mengupayakan lahan rawa yang masih belum tergarap di sentra pertanian Kabupaten Pulang Pisau bisa termanfaatkan dengan baik. 

"Melalui program Selamatkan Rawa dan Sejahterakan Petani atau program Serasi pemanfaatan lahan rawa bisa dioptimalkan," kata Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, Senin, 4 November 2019. 

Slamet mengatakan hingga saat ini Dinas Pertanian sedang menyosialisasi kegiatan optimasai Iahan rawa kepada petani yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala, Kecamatan Sebangau Kuala, Kecamatan Maliku dan Kecamatan Pandih Baru. 

Untuk menyukseskan pemanfaatan optimalisasi lahan rawa tersebut maka dilakukan juga penyusunan rencana usaha kelompok atau RUK Serasi bersama kelompok tani, Babinsa dan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau tahun 2019.

Optimalisasi lahan untuk pertanian melalui program serasi di Kabupaten Pulang Pisau dari Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana tahun 2019 dialokasikan lahan seluas 9.500 Hektare, yang tersebar di empat kecamatan. 

Slamet menjelaskan program serasi ini dalam rangka untuk untuk meningkatkan indeks pertanaman dan produktifltas serta partisipasi pihak-pihak terkait dalam pengelolaan lahan rawa. 

"Alhamdulillah untuk kita Pulang Pisau mendapatkan lahan seluas 9500 hektar untuk program Serasi ini, dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produksi padi di wilayah Pulang Pisau," ujarnya. (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru