Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Dorong Petani Kembangkan Tanaman Holtikultura

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 November 2019 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meminta para petani Kobar untuk kembangkan tanaman holtikultura, mengingat potensi tanaman tersebut cukup menjanjikan dan sudah cukup banyak yang berhasil salah satunya buah semangka.

Belum lama ini, salah satu petani di Kecamatan Kumai berhasil mengembangkan semangka jumbo dengan hasil panen yang cukup besar. Kemudian di Kecamatan Pangkalan Banteng para petani berhasil mengembangkan semangka lonjong atau yang lebih dikenal dengan sebutan semangka Inul dan hasil panennya juga sangat besar.

"Potensinya sangat menjanjikan, selain untuk mencukupi kebutuhan akan buah segar di Kobar, peluang pemasaran ke luar Kobar juga cukup menjanjikan," ujar Nurhidayah.

Hal yang sama diungkapkan oleh Anggota DPRD Kobar Sri Lestari, potensi pengembangan dan pemasaran tanaman hortikultura di Kobar sangat menjanjikan, setahun belakangan ini pengembangan tanaman hortikultura seperti sayur dan buah buahan mulai berkembang dengan baik. Dimana kebutuhan akan buah dan sayur mulai mampu dipenuhi oleh para petani lokal.

Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah kabupaten, terutama saat memasuki musim panen raya, pemerintah kabupaten harus melakukan kerjasama dengan daerah lain, terutama dalam hal menampung hasil panen yang membludak.

"Pemerintah kabupaten perlu mejalin kerjasama dengan daerah lain, salah satunya untuk mencari para penampung dan menjaga stabilitas harga ketika hasil panen membludak serta untuk menjaga eksistensi para petani," tandas Sri. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru