Munas Golkar, Akbar Tandjung hingga Nurdin Halid Dukung Airlangga

  • Oleh Teras.id
  • 09 November 2019 - 20:32 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menangguk dukungan dari para senior hingga kader muda Golkar untuk kembali terpilih di musyawarah nasional atau Munas Golkar pada Desember mendatang. Dari kalangan senior, dukungan datang dari Akbar Tandjung, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

"Sejak dua-tiga tahun lalu saya sudah mendorong dia. Tentu saya senang kalau dia bisa melanjutkan kepemimpinan ke depan," kata Akbar ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat malam, 8 November 2019.

Hal senada juga disampaikan Akbar pada awal Agustus lalu. Mantan ketua umum Golkar ini pun berpesan agar Airlangga terus menjaga agar dukungan yang sudah ada padanya saat tidak berubah.

Akbar mewanti-wanti bahwa situasi politik masih bisa dinamis dan berubah dalam satu bulan ke depan. Meski Airlangga seperti sudah mendapatkan sinyal restu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Akbar mengingatkan agar Airlangga terus berusaha merangkul internal Golkar.

Politik, kata Akbar, seringkali tidak bisa diprediksi langsung. “Seringkali timbul soal-soal, dinamika yang begitu tinggi, bisa saja ada perubahan."

Ketua DPD I Sulawesi Selatan Nurdin Halid juga menyatakan dukungannya kepada Airlangga. Dukungan ini sebenarnya telah disampaikan DPD Golkar Sulsel. Namun dukungan Nurdin terus diperebutkan kubu Airlangga dan kubu Bambang Soesatyo.

"Klaim-klaim itu biasa dalam politik. Di sana mengklaim ini, sini mengklaim ini kan biasa," kata Nurdin ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat malam, 8 November 2019.

Menurut Nurdin, sebanyak 24 DPD II Golkar Sulawesi Selatan juga bulat mendukung Airlangga pada Munas Golkar. Dia mengklaim tak ada perubahan dukungan DPD Sulsel hingga hari ini.

"(Memenangkan) itu kan kalau nanti kan di Munas. Sekarang dukungan dilakukan, dan tidak ada perubahan sampai hari ini," pungkas dia.

Berita Terbaru