Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Negeri Ini Hampir Lupa Jasa Para Pejuang Wanita

  • Oleh Tempo.co
  • 10 November 2019 - 12:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Pahlawan 10 November ditujukan untuk mengenang kegigihan arek-arek Suroboyo saat menghadapi tentara Inggris dan Belanda

Namun kepahlawanan didominasi oleh para pria. Walhasil, jasa para pejuang wanita dalam Pertempuran 10 Nopember atau Pertempuran Surabaya tak banyak dibicarakan.

Jangankan Indonesia, Inggris sang pemenang Perang Dunia II juga hampir melupakan para wanita tangguh dalam perang itu.

Negeri yang memulai modernisme pada abad 19 itu, bahkan tak memiliki peringatan nasional untuk menghormati hampir 7 juta wanita baik spil dan militer yang memberikan kontribusi penting selama Perang Dunia II.

Namun titik terang bagi para wanita hebat Inggris itu terjadi pada 2005 ketika sebuah penghormatan yang pantas bagi para wanita itu diumumkan dibangun di dekat Cenotaph monumen peringatan perang utama bangsa.

Monumen elegan untuk para wanita hebat itu dinamai Memorial to Women of World War II.

Lokasinya berada di pusat Whitehall (jalan utama yang membentang ke selatan dari Trafalgar Square menuju Parliament Square) di City Of Westminster di jantung Kota London.

Peresmiannya tak sekedar gunting pita. Namun wanita tangguh modern pun berdatangan menghormati para seniornya.

Pada 9 Juli 2005, lima helikopter militer —Apache, Sea King, Lynx, Chinook, dan Merlin terbang di atas pusat Kota London.

Berita Terbaru