Kebutuhan Terhadap Perpustakaan Menjadi Inspirasi Pengembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 November 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Susana Ria Aden mengatakan bahwa dewasa ini kebutuhan masyarakat terhadap perpustakaan kita pekat. Hal ini kemudian menjadi inspirasi bagi pemangku kepentingan untuk melakukan pengembangan melalui Teknologi, Informasi, dan Komunikasi atau TIK.

"Perpustakaan sudah seharusnya menyediakan bahan bacaan sebagai sumber informasi, hal ini menjadi sebuah inspirasi dalam mengubah pola pikir dalam pengembangan perpustakaan ke depan bagi masyarakat yang harus disesuaikan dengan perkembangan dan pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK," kata Susana Ria Aden kemarin, Rabu, 13 November 2019.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan rapat koordinasi Tim Sinergi Pengembangan Perpustakaan Berkelanjutan se-Kalimantan Tengah Tahun 2019 di Hotel Batu Suli Internasional yang diikuti oleh pejabat dinas perpustakaan dan arsip dari seluruh Bumi Tambun Bungai.

"Di era digital ini informasi dapat diperoleh tidak saja melalui buku namun juga dunia maya atau internet. Internet saat ini sudah sebagai salah satu layanan publik yang dapat berperan memfasilitasi layanan informasi untuk masyarakat," jelas Ria Aden lagi.

Karena itulah menurutnya perpustakaan kini mempunyai peran strategis untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Perpustakaan tidak boleh berkutat dengan cara kuno, harus berkembang juga sesuai perkembangan zaman saat ini," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru