Pemandu Wisata Faktor Penting Dalam Kegiatan Pariwisata

  • Oleh Norhasanah
  • 14 November 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Ahmad Zunani mengatakan, bahwa pemandu wisata faktor penting dalam kegiatan pariwisata.

"Pemandu wisata ini adalah salah satu faktor yang dapat mendukung terselenggaranya kegiatan pariwisata, oleh karena itu, mengembangkan pengetahuan para pramuwisata sangat diperlukan," ucap Ahmad Zunani saat membuka kegiatan pelatihan pemandu wisata buatan atau outboad park, Kamis, 14 November 2019.

Menurutnya, pemandu wisata sangat berperan untuk menghubungkan wisatawan dengan pusat-pusat ikon pariwisata serta peran strategis lainnya dalam membangun dan memajukan industri pariwisata, baik tingkat daerah maupun nasional.

"Profesi ini menjadi ujung tombak industri pariwisata," tukasnya.

Zunani melanjutkan, sejak dimulainya kegiatan wisata, saat itu pula dibutuhkannya pula peran dan tugas-tugas seorang pemandu.

"Kita berharap, dengan pelatihan dapat menghasilkan tenaga terampil pemandu wisata atau pramuwisata yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus serta teknik pemanduan wisata yang ada di Kabupaten Sukamara," harap Ahmad Zunani. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru