Pasca Aksi Damai, Polres Barito Timur Dapat Tambahan 1 SSK Personel Sabhara Polda Kalteng

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 23 November 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Polres Barito Timur dapat tambahan satu Satuan Setingkat Kompi atau SSK Sabhara Polda Kalteng pasca terjadinya aksi damai yang dilakukan para pemilik angkutan dan karyawan perusahaan pertambangan batubara di sana, Sabtu, 23 November 2019.

"Kita mendapat 1 SSK Sabhara Polda Kalteng ditambah juga dari personel Brimob," ucap Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy.

Zulham mengatakan, dengan bertambahnya kekuatan agar tidak terjadi gesekan di tengah masyarakat. Pihaknya melakukan upaya preentif atau sambang kemudian penyuluhan kepada masyarakat untuk dapat menyikapi situasi di jalan Houling eks Pertamina dengan kepala dingin.

"Upaya preventif juga kita lakukan guna pencegahan. Personil patroli memastikan tidak adanya masyarakat terganggu akibat adanya penutupan jalan oleh kelompok atau personal tertentu," kata Zulham.

Personel Sabhara dibagi beberapa regu. Untuk melakukan patroli secara bergantian serta menempatkan beberapa anggota di lokasi penutupan jalan di Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur.

"Personil yang standby di lokasi sifatnya memantau" jelasnya.

Tambah Zulham, situasi Barito Timur saat ini secara umum kondusif. Pada malam hari akses jalan umum masyarakat juga sudah dibuka secara total sehingga tidak ada lagi kelompok masyarakat yang ingin memaksakan kehendaknya.

"Posisi kita jelas sampai saat ini ada di tengah-tengah masalah antara PT Patra Jasa anak perusahaan PT Pertamina dengan perusahaan lain diluar dari ranah kita, tapi kalo ada permasalahan hukum disana polisi berada garda terdepan," tegasnya.

Ia mengimbau masyarakat melihat permasalahan ini secara lurus. Artinya,bukan hanya permasalahan antara perusahaan dengan masyarakat tapi terkait masalah masyarakat dengan masyarakat.

"Saya tidak mau masyarakat masyarakat Barito Timur terbawa dengan suasana yang tidak kondusif yang nantinya akan ada perpecahan di antara mereka, kami pastikan dari aparat Polri dan dibantu TNI untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif," pungkasnya. (PRASOJO/B-5)

Berita Terbaru