Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan HUT PGRI dan HGN, Bupati Barito Utara: Guru Miliki Tugas Mulia dan Tersulit

  • Oleh Ramadani
  • 25 November 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menghadiri puncak peringatan HUT PGRI ke 74 dan Hari Guru Nasional (HGN) tingkat kabupaten tahun 2019, Senin, 25 November 2019. Dalam kesempatannya Nadalsyah menyampaikan jika guru memiliki tugas mulia sekaligus tersulit.

Nadalsyah mengatakan guru bertugas untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Contohnya, guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu guru habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Guru juga tahu betul potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu, guru ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutupi pintu petualangan. Guru frustasi karena tahu di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

“Setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi. Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi,” kata Nadalsyah membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anwar Makarim Nadiem.

Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, menteri pendidikan akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru.

Sementara itu, ketua panitia, Rusmiati mengatakan melalui peringatan HUT PGRI dan HGN ini, diharapkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan semakin meningkat. Serta untuk memupuk rasa silatuhami, solidaritas, dan kebersamaan anggota PGRI.

Dia mengatakan, dalam HUT PGRI ke 74 dan HGN tahun 2019 ada beberapa rangkaian kegiatan lomba seperti gerak jalan, senam sehat bersama, dan lomba menyanyi.

Sementara, Ketua PGRI Barito Utara, H Ardian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Barito Utara yang telah mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke 74 PGRI dan HGN tahun 2019.

Ardian menyampaikan kepada Bupati Barito Utara, agar jangan ragu melangkah untuk lebih maju ke depan. Karena guru-guru di Barito Utara akan mendukung.

Berita Terbaru