Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPTD Pengembangan Ternak Bangi Wa'o Panen Perdana Ayam Pedaging

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 November 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang -  Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur melalui UPTD Pengembangan Ternak Bangi Wa'o melakukan panen perdana ayam pedaging, Selasa, 26 November 2019.

"UPTD Bangi sudah mulai menghasilkan, mulai hari ini kita panen, dari 3.000 ekor yang kita ternakkan tingkat keberhasilannya sangat tinggi sekali," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi.

Menurutnya, pada panen perdana ini persentase kematian ayam sangat kecil yakni hanya 0,02 persen dari total 3.000 ekor ayam yang diternakkan pada dua kandang. "Berat rata-rata ayam pedaging pada saat.panen 1,6 kilogram per ekor," imbuhnya.

Pengembangan ayam pedaging tersebut, lanjut Riza, untuk stabilisasi harga di hari-hari besar keagamaan serta menjamin ketersediaan daging ayam untuk masyarakat Barito Timur.

"Kita harapkan dengan upaya tersebut, saat hari raya tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga daging ayam pada pasar-pasar yang ada di Barito Timur," pungkas Riza.

Karena itu, usai panen ini UPTD Pengembangan Ternak Bagi Wa'o akan segera mengisi kembali kandang ayam tersebut sehingga panen berikut akan bertepatan dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

"Dari pengembangan ternak ini juga ada sumbangan PAD (Pendapatan Asli Daerah), mudah-mudahan dari sektor ini kita bisa maksimal untuk PAD Kabupaten Barito Timur," papa Riza.

Melihat hasil panen yang cukup memuaskan, Riza berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk peningkatan pengembangan ternak di UPTD Pengembangan ternak Bangi Wa'o.

"Kami akan usahakan kotoran dari peternakan ayam tersebut diolah jadi pupuk kandang agar bernilai ekonomi dan dapat dijual," pungkas Riza. (BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru