DPRD Kobar Kunjungi Kota Surabaya Pelajari Pengurusan Adminduk Online

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Desember 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat atau DPRD Kobar dari Komisi A dan B bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kobar mengunjungi Kota Surabaya. 

Kunjungan tersebut untuk mempelajari pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) secara online yang telah diterapkan di kota setempat. 

Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman mengatakan, dengan mempelajari pengurusan adminduk online di Kota Surabaya, ia berharap dapat ditiru dan diterapkan di Kabupaten Kobar.

"Kota Surabaya memiliki nilai kemajuan yang layak kita tiru dan tetapkan. Salah satunya yaitu pengurusan adminduk secara online," kata Bambang.

Jadi, lanjut Bambang, masyarakat yang hendak mengurus adminduk tidak perlu repot ke Kantor Disdukcapil Kota Surabaya.

"Untuk proses pengisian data kependudukan, bisa dilakukan secara online memanfaatkan handphone. Setelah data yang diisi sudah lengkap,  baru di proses oleh Disdukcapil. Tentunya sistem ini jauh lebih maju di banding dengan Kabupaten Kobar," jelas Bambang.

Menurutnya, terdapat alasan kenapa hal ini harus dipelajari agar kedepan sistem itu bisa diterapkan di Kabupaten Kobar.

"Karena jarak antara desa dan dalam kota begitu jauh. Dengan menggunakan sistem tersebut, jauh lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus Adminduk," ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Bambang, pihaknya mendorong agar hal ini nantinya bisa diterapkan di  Kabupaten Kobar.

"Selain itu kendala yang dihadapi Disdukcapil Kobar dan daerah lainnya seperti kekurangan blangko e-KTP, sehingga terpaksa menggunakan surat keterangan yang menggunakan kertas dengan ukuran cukup besar. Tentunya cara tersebut merepotkan dan surat keterangan itu rentan mengalami kerusakan," imbuhnya.

Namun, menurut Bambang, setelah melihat dan belajar pada Disdukcapil Kota Surabaya terdapat solusi praktis dan bagus bila nantinya diterapkan di Kobar.

"Disdukcapil Kota Surabaya mengganti dengan surat keterangan dengan bentuk seperti ID Card. Sehingga mudah dibawa kemana-mana dan jauh lebih praktis. Tentunya hal ini merupakan sebuah terobosan bagus yang bisa kita tiru dan terapkan di Kobar," demikian Bambang menyampaikan. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru