Diskoperin Barito Timur Pada 2020 Lakukan Ini untuk Pemberdayaan UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Desember 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Diskoperin) Kabupaten Barito Timur akan melakukan beberapa terobosan di tahun 2020 untuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Barito Timur.

"Program dari Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Barito Timur untuk tahun 2020 banyak sekali, baik dari bidang koperasi, UKM maupun bidang perindustrian. Khususnya untuk bidang UKM, kita akan libatkan pihak ketiga," kata Kepala Diskoperin Kabupaten Barito Timur, Ina Karuniani Gandrung di kantornya. Rabu, 4 Desember 2019.

Menurutnya, pihak ketiga akan dilibatkan dalam memberikan pelatihan pengemasan yang baik, strategi pemasaran, pembuatan merek maupun pembekalan yang lain agar agar pelaku UMKM di Barito Timur dapat mengembangkan usahanya dengan baik.

Untuk permodalan bagi pelaku UMKM, lanjut Ina, Diskoperin akan bekerja sama dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa keuangan yang bertujuan untuk membantu pengembangan UMKM dan Koperasi.

PNM juga akan dilibatkan untuk membina kelompok usaha perempuan di tingkat desa mulai bantuan modal usaha hingga akses pemasaran ketika kapasitas produksi sudah melampui kebutuhan produk tersebut di wilayah mereka.


"Kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Tengah untuk melibatkan Perusahaan Swasta yang ingin membantu atau membina UMKM yang potensial di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Tengah," pungkas Ina. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru