Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Presiden: Peran Ulama Menjaga Umat

  • Oleh Inilah.com
  • 07 Desember 2019 - 08:20 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Rabithah Alawiyah 2019. Ma'ruf Amin mengingatkan pentingnya menjaga umat dari ekstremisme.

"Di dalam Islam boleh orang beda pendapat, yang tidak boleh ditoleransi adalah yang memang sesuatu yang sudah disepakati ulama. Jadi, kalau yang ikhtilaf (perbedaan pendapat), memang terjadi perbedaan harus ditoleransi. Tetapi yang tidak ditoleransi yang keluar dari wilayah perbedaan," kata Ma'ruf Amin di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Ma'ruf mengingatkan agar perbedaan pendapat tak perlu dibesar-besarkan. Dia ingin peran ulama disini lebih ditonjolkan.

"Makanya perbedaan disebut ikhtilaf. Di luar perbedaan disebut inhiraf, penyimpangan. Tidak boleh ada ego kelompok, fanatisme kelompok, sehingga menjadi lahir sikap intoleran, tidak toleran. Sering kali mengarah ke sikap radikalisme yang mengarah ke terorisme karena tidak toleran terhadap perbedaan pandangan," tuturnya.

Rabithah Alawiyah merupakan wadah habib se-Indonesia. Dalam pembukaan mukernas ini, Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Smith, Wamenag Zainut Tauhid, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir. [INILAHCOM/tar]

Berita Terbaru