Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perdagangan Barito Timur Terus Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Desember 2019 - 17:42 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur terus memantau harga bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru.

Menurut Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur, Ulianto, dari pantauan disejumlah pasar hingga saat ini belum ditemukan kenaikan harga bahkan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di luar batas kewajaran.

"Hanya daging ayam yang sempat naik sampai 40 ribu per ekor atau kalau ditimbang sekitar 46 ribu per kilo gram pada November, tapi memasuki Desember semua kembali normal," katanya, Kamis 12 Desember 2019.

"Harga beras masih normal. Beras lokal Rp 30 rini sampai Rp 40 ribu per gantang, sedangkan beras dalam kemasan harganya berkisar Rp 12 ribu sampai Rp 13 ribu," imbuhnya.

Pihaknya terus koordinasi dengan Satgas Pangan untuk mengawasi ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan mengatasi adanya spekulan yang sengaja mempermainkan harga.

Dia menyebut operasi pasar hanya akan dilakukan jika ada kenaikan harga yang signifikan selama 3 Minggu. Dalam kondisi seperti itu dinas perdagangan akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Saat memantau harga di pasar kami juga selalu menghimbau agar pedagang tidak menimbun barang dan menaikkan harga melebihi batas yang diizinkan, jika ditemukan pedagang yang sengaja melakukan itu maka akan ditindak olah Satgas Pangan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6) 

Berita Terbaru