Mulai 2020 Aktivitas ASN Palangka Raya Terpantau Sistem Android

  • Oleh Rokim
  • 12 Desember 2019 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mulai awal Januari 2020 seluruh aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya akan terpantau oleh sistem android.

Dengan diterapkannya absensi secara elektronik ini keberadaan ASN akan terapantau. Jadi mereka sudah tidak bisa lagi melakukan aktivitas di luar kantor tanpa keterangan.

Jika ASN berbohong, maka sistem android akan mengirimkan pesan berupa status lokasi. Dengan begitu para ASN tidak bisa telat masuk kantor ataupun bolos kerja.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban penerapan absensi berbasis android ini atas perintah Sekda Hera Nugrahayu.

Aratuni menyebut penerapan sistem ini merupakan salah satu adopsi yang sudah diterapkan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Khusus di Kalimantan Tengah, saat ini baru Kabupaten Kotawaringin Barat yang sudah menerapkannya.

Dia menjelaskan alasan Pemerintah Kota Palangka Raya menerapkan sistem ini yakni ingin mendisiplinkan para ASN. Jika ASN tidak disiplin, maka konsekuensinya tunjangan kinerja akan dipotong.

"Nantinya sistem ini pihak Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Palangka Raya yang akan mengaturnya," tegasnya. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru