Pertamina Penyumbang Deviden Terbesar Negara

  • Oleh Inilah.com
  • 12 Desember 2019 - 21:00 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri I BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan PT. Pertamina (Persero) disebut sebagai penyumbang deviden paling besar ke kas negara.

"Jadi, kalau ditanya, deviden Bu Nicke adalah salah satu kasir paling besar BUMN. Karena setorannya juga paling besar," ujar Budi di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Menurut mantan Dirut PT Freeport Indonesia ini, EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi Pertamina pada 2019 sebesar 9 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Maka dari itu Pertamina bisa menyumbang deviden paling besar.

"Keuangan Pertamina bagus. Tahun lalu 9 miliar dollar AS EBITDA-nya. Itu besar sekali. Freeport saja (EBITDA-nya) 4 miliar dollar AS," kata Budi.

Atas dasar itu, Budi tak khawatir keuangan Pertamina akan terganggu jika harus berinvestasi di beberapa proyek strategis. Misalnya berinvetasi untuk pembangunan kilang dan industri petrokimia.

"Jadi Kemampuan keuangannya (Pertamina) sangat enggak ada masalah untuk investasi sebesar ini masih mampu," kata dia. [INILAHCOM/jat]

Berita Terbaru