Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

30 Anggota BPD 6 Desa di Kecamatan Sepang Diresmikan

  • 13 Desember 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sebanyak 30 anggota Badan Perwusyawaran Desa atau BPD pada 6 desa di wiayah Kecamatan Sepang diresmikan, persmian dilakuan Bupati Gunung Mas Jaya S Monong di ruang rapat lantai I kantor Bupati setempat, Jumat 13 Desember 2019.

Ada pun nama desa yag anggota BPD diresmikan diantaranya, Desa Sepang Kota,  Desa Tewai Baru, Desa Tanjung Karitak, Desa Tumbang Tampelas, Desa Pematang Limau, dan Desa Rabauh.

Dalam pidatonya, bupati menyampaikan sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa disebutkan negara telah menyatakan komitmen untuk hadir dan melindungi posisi desa dalam rangka mewujudkan tatanan pemerintahan desa yang lebih kokoh dan demokratis. 

"Dengan kata lain UU Desa telah membuka jalan luas yang terbentang guna menuju desa yang bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik, berdaya secara ekonomi, dan berbudaya," tuturnya.

Bupati mengatakan anggota BPD dalam beberapa waktu lalu sejumlah desa telah melaksanakan proses pengisian keanggotaan BPD melalui pemilihan langsung. 

"Kita patut bersyukur dan berbangga kepada pemerintah desa dan panitia pemilihan serta atas partisipasi masyarakat yang telah mensukseskan pengisian keanggotaan BPD, sehingga pelaksanaannya berjalan aman, tertib dan lancar," katanya.

Dalam kesempatan itu juga, bupati mengimbau kepada seluruh Kepala Desa dan BPD supaya melakukan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

"Harus ingat sumpah dan janji yang sudah suadara-saudara ucapkan saat diresmikan. Jangan sampai menyalah gunakan kewenangan yang dimiliki, baik Kepala Desa Penjabat Kepala Desa dan anggota BPD terlebih dalam hal menggunakankan pengelolaan keuangan," ujarnya.

Dalam melaksanakan tugas harus dengan pedoman kepada ketentuan-ketentuan dalam perundang-undangan. Dengan begitu Kepala dan BPD diharapkan dapat menjadi wadah politik bagi warga desa sehingga mampu membangun sebeuah tradisi berdemokrasi ditingkat desa.

"Saya juga berharap para Kepala Desa dan BPD dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam mewujudkan Kabupaten yang bermartabat, maju,  berdayasain, sejahtera dan mandiri," tuturnya. (HENDRA/m) 

Berita Terbaru