Dalami Penerimaan Suap, KPK Periksa Istri Bupati

  • Oleh Inilah.com
  • 14 Desember 2019 - 08:46 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan penerimaan uang oleh Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mankunegara. Sala satu caranya, dengan memeriksa istri Agung, Endah Kartika Prajawati.

"KPK mendalami pengetahuan para saksi terkait dengan sejumlah penerimaan tersangka AIM sebagai bupati Lampung Utara dan mendalami proses pengelolaan APBD," kata Juru bicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (13/12/2019) malam.

Namun Febri tak merinci sejauh mana Endah tahu soal dugaan penerimaan uang oleh suaminya. Pemeriksaan terhadap Endah sendiri dilakukan di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kota Bandar Lampung.

Selain Endah, KPK juga memeriksa tiga tersangka lainnya yang terdiri pensiunan mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Sekretaris Tim Sukses Agung, dan Kabid Dinas Pendidikan Lampung Utara.

Dalam kasus ini, KPK menduga Agung menerima suap sebesar Rp 1,2 miliar terkait proyek di Dinas Perdagangan dan Dinas PUPR di Kabupaten Lampung Utara.

Selain Agung, lima tersangka yang juga terlibat dalam kasus ini ialah orang kepercayaan Agung, Raden Syahril; Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Utara, Syahbuddin; Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara, Wan Hendri serta dari unsur swasta Chandra Safari dan Hendra Wijaya Saleh.[INILAH.COM/Ivs]

Berita Terbaru