Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sidang Senat Pemakzulan Donald Trump Dijadwalkan Januari 2020

  • Oleh Teras.id
  • 14 Desember 2019 - 21:22 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Proses pemohonan pemakzulan terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara prosedur masih panjang. Setelah DPR menyetujui dua dakwaan permohonan pemakzulan Trump, langkah selanjutnya Trump akan menjalani sidang Senat pada Januari 2020 atau bertepatan dengan masa kampanye pemilu presiden 2020.

Dibutuhkan 216 suara agar pemakzulan bisa dilanjutkan. Demokrat memegang 233 kursi DPR, sedangkan 197 kursi dipegang Partai Republik dan satu kursi independen.

Dikutip dari reuters.com, politikus Partai Republik menyebut Presiden Trump tidak melakukan hal yang tidak patut dalam pembicaraan pertelepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Juli 2019. Saat ini juga tidak ada bukti Trump atau Gedung Putih melakukan pertemuan untuk saling bertukar keuntungan.

Permohonan pemakzulan Trump tampaknya tidak menjadi kekhawatiran para investor. Bursa efek Amerika Serikat pada Jumat, 13 Desember 2019 juga tidak mengalami guncangan. Sebaliknya muncul optimisme akan kemungkinan disetujuinya kesepakatan dagang Amerika Serikat – Cina.   

Dalam sejarah Amerika Serikat, belum pernah ada Presiden yang dimakzulkan secara langsung. Mantan Presiden Richard Nixon langsung mengundurkan diri sebelum dia dimakzulkan dalam skandal Watergate. Sedangkan mantan Presiden Andrew Johnson dan Bill Clinton dimakzulkan oleh DPR Amerika Serikat, tetapi tidak dinyatakan bersalah oleh Senat. 

Sidang senat permohonan pemakzulan Trump pada Januari 2020 akan dipimpin oleh Kepala Hakim John Roberts. Lamanya proses persidangan akan tergantung apakah para saksi mata bisa dimintai keterangan. Sedangkan keputusan akan tergantung pada pemungutan suara mayoritas Senat.        

Presiden Trump telah memberikan sinyalemen akan memanggil sejumlah saksi mata, diantaranya mantan Wakil Presiden Jos Biden dan Juru bicara DPR Nancy Pelosi. Sidang senat ini akan menjadi ujian besar bagi politikus Partai Republik. 

Sidang Senat permohonan pemakzulan Trump bisa berlangsung berminggu-minggu bahkan hingga kampanye pertama di Iowa dan New Hampshire dimulai pada awal Februari 2020. Anggota Senat dari Partai Republik mengatakan mereka ingin membuat persidangan ini sependek mungkin. Sedangkan Trump tidak mempermasalahkan sidang ini berlangsung singkat atau panjang.  

(teras.id)

Berita Terbaru