Pemilih Pemula Diajak Proaktif Sukseskan Pilkada 2020

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 Desember 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemilih pemula diajak untuk proaktif dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020. Peran pemuda sangat penting untuk ikut dalam pesta demokrasi itu ke arah yang lebih baik.

“Kita ingin pemilih pemula, para pemuda, mahasiswa-mahasiswai tidak hanya melihat pilkada dari jauh. Tapi ikut berperan aktif agar bisa menciptakan pemimpin berkualitas,” kata Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Kalteng, M Rozikin, Sabtu, 14 Desember 2019.

Jeki, sapaan akrabnya, menyampaikan hal tersebut pada acara seri pendidikan politik pemilih pemuda muda bertajuk Saresahan Pilkada 2020: cari apa, dapat apa, dengan tagline “Refleksi kritis peran posisi dan partisipasi pemilik suara di kalangan pemilih pemula”. Kegiatan ini digagas Lakpesdam NU Kalteng.

Jeki menuturkan, peran aktif dari kalangan pemula juga berdampak dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Apalagi saat ini tingkat partisipasi masih di kisaran angka 75 persen.

Kegiatan tersebut menghadirkan Dosen Ilmu Komunikasi IAIN Palangka Raya, Hakimsyah, peneliti dan penulis buku “korupsi Pemilukada” Apung Widadi dan Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Transmianto. 

Kepala Biro Pemerintahan Setda Kalteng, Akhmad Husain yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, perlu ada penekanan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula agar bisa meningkatkan kesadaran berdemokrasi masyarakat. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru