Kerjasama Kredit Petani Plasma dan Perbankan Jadi Momen Bersejarah PT SSMS Tbk - CBI Group

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Desember 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - CEO Citra Borneo Indah (CBI) Group Rimbun Situmorang mengatakan, kegiatan penandatanganan akad kredit kebun plasma binaan PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk dengan BNI, Kamis, 19 Desember 2019, merupakan suatu  hal yang bersejarah bagi perusahaannya dengan petani plasma.

"Karena bila pihak lain mengadakan kerjasama plasma, harus menunggu terlebuh dahulu persetujuan pihak bank. Tapi, sejak bertahun-tahun lalu CBI Group langsung memberikan bantuan plasma kepada petani tanpa menunggu bank mana yang bersedia memberikan kredit pengembangan," kata Rimbun

Hal tersebut, lanjut Rimbun, lantaran pemilik PT SSMS Tbk - CBI Group merupakan orang asli Kalimantan yang tentunya memahami dan sangat mengerti kondisi masyarakat setempat.

"Bapak H Abdul Rasyid AS selaku owner tidak ingin masyarakat Kalimantan tertinggal atau hanya menjadi penonton saja atas kemajuan yang terjadi di tanahnya. Untuk itulah, walaupun masih belum mendapatkan bank yang memberikan kredit pada petani, beliau secara langsung berinisiatif memberikan bantuan plasma dengan dana pribadi," jelas Rimbun.

Harapannya dengan adanya pihak perbankan yang memberikan kredit pengembangan plasma, petani juga memiliki tanggung jawab yang sama seperti perusahaan. Serta lebih meningkatkan produktivitas usahanya.

"Dengan adanya penyaluran kredit plasma ini petani yang tergabung dalam koperasi yang menjadi mitra kami juga. Bukan hanya sekedar bisa menerima saja, namun harus membuktikan bagaimana produktivitas akan meningkat. Itu akan memberikan dampak yang besar dan positif bagi kehidupan kita semua," jelas Rimbun.

Sementara itu, Duansyah, anggota Badan Pengawas Koperasi Seluai Jaya Abadi asal Desa Nanuaz, Kecamatan Mentobi Raya, Kabupaten Lamandau mengatakan terimakasihnya pada CBI Group yang selama ini sudah membantu petani untuk mengembangkan kebun sawit.

"Lebih dari 300 hektare lahan perkebunan sawit sudah digarap bersama masyarakat. Karena itulah kerjasama koperasi petani dengan perbankan yang dijembatani PT SSMS Tbk - CBI Group sangat berguna untuk kelangsungan dan pengembangan kebun plasma milik kami," jelas Duansyah. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru