Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLN Siap Penuhi Listrik Industri Smelter

  • Oleh Inilah.com
  • 21 Desember 2019 - 06:20 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pihaknya komitmen menyediakan pasokan listrik untuk industri pengolahan dan pemurnian (smelter).

Bahkan, kata dia, perusahaan setrum ini siap dikenakan pinalti jika listrik tak tersedia. PLN kata dia, telah mengantisipasi meningkatnya permintaan listrik, dengan membangun infrastruktur kelistrikan berupa pembangkit dan jaringan transmisi.

"PLN siap melistriki industri smelter dan melakukan best effort untuk menyediakan listrik secara kompetitif," kata Inten, Jumat (20/12/2019).

Namun, dia pun meminta pelaku industri sama-sama berkomitmen menyerap pasokan listrik yang disediakan PLN. "Kami juga mohon komitmen sama-sama, kapan pun PLN akan best effort siapkan listrik dan kami siap dipinalti. Dengan catatan bapak siap kami siap," kata dia.

Adapun saat ini total pasokan listrik nasional yang tersedia mencapai 62.372 Mega Watt (MW), transmisi 56.899 Kilo Meter sirkit (KMs), jaringan distribusi 58.081 Mega Volt Amper (MVA).

Untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan listrik, PLN akan menambah pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah Sulawesi yang menjadi konsentrasi pembangunan smelter, yaitu pembangkit dengan kapasitas total 5.422 MW.

"COD (beroperasi) sampai akhir tahun 2019 1000 MW lagi, mudah-mudahan sisanya 23.000 MW yang masih konstruksi bisa selesai 2020 - 2021," kata dia. [INILAHCOM/jat]

Berita Terbaru