Bupati Barito Utara: Kehadiran Karang Taruna Harus Beri Manfaat Bagi Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 21 Desember 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan bahwa bulan bakti karang taruna merupakan momen penguatan integritas seluruh kader-kader karang taruna yang ada di tingkat kabupaten.

Perlu diingat, kata Nadalsyah, karang Taruna adalah organisasi swadaya masyarakat yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat, sehingga kehadirannya harus memberi manfaat kepada masyarakat.

“Diharapkan melalui kegiatan kemah wisata ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk saling memberikan informasi, serta membangun jejaring kerja di kabupaten, terutama untuk peningkatan kinerja karang taruna dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial," katanya. 

Pemuda karang taruna juga diharapkan membantu mengatasi persoalan maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap perempuan dan lain-lain.

“Untuk itu karang taruna harus siap menjadi pemberi peringatan awal, agar problem tersebut tidak semakin membersar,” jelas Nadalsyah.

Nadalsyah menegaskan agar seluruh pengurus dan anggota karang taruna dapat menumbuhkan rasa peduli kepada sesama terutama bagi mereka yang menjadi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Juga diharapkan berperan aktif dalam mempertahankan budaya gotong-royong agar tidak lintur ditelan masa. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru