Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Porter Bandara Dibekuk Polisi

  • Oleh Inilah.com
  • 21 Desember 2019 - 22:40 WIB

INILAHCOM, Yogyakarta - Ditreskrimum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menangkap lima orang porter di Bandara Adisutjipto Yogyakarta setelah 40 kali mencuri barang paketan di kargo pesawat.

Aksi S, ODA, ABS, ASP, dan S berlangsung sejak Juli hingga Oktober lalu, kawanan ini mengincar paketan barang berisi handphone.

Direskrimum Polda DIY, AKBP Burkan Rudy Satria menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang sering kehilangan barang paketan. Penyelidikan yang dilakukan polisi membuahkan hasil dengan menangkap para pelaku di lokasi berbeda.

Modus pelaku, dengan merobek karung paket saat masih berada di lambung pesawat. Dari satu karung, hanya satu HP yang diambil agar selisih berat tidak mencolok. Setelah itu, pelaku menjahit kembali karung tersebut.

Lalu barang curian tersebut dimasukkan ke dalam rompi dan disimpan dalam loker porter, selanjutnya saat jam istirahat barang curian dibawa keluar dan disimpan dalam jok motor. Setelah pulang kerja, HPdi-jual dengan harga normal se-cara online di facebook atau Cash On Delivery (COD).

Diungkapkan Burkan, dalam setiap aksinya, mereka berbagi peran. Ada yang bertugas merobek dan menjahit karung, mengawasi situasi dan ada yang menjual barang curian. Para pelaku merupakan pekerja outsourcing dan ada yang sudah bekerja sejak 10 tahun lalu, sehingga mengetahui seluk beluk barang di bandara.

Dalam kasus tersebut, barang bukti yang disita, antara lain 22 bukti pengiriman, 1 lembar rekapitulasi barang hilang, 25 buah karung plastik berlogo JNE sebagai sarana pengepakan barang kiriman kargo manifes dan 4 buah HP. (INILAH.COM)

Berita Terbaru