Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Gerhana Matahari Besok, Ini 5 Mitos Dibantah NASA

  • Oleh Tempo.co
  • 25 Desember 2019 - 11:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Manusia telah menyaksikan gerhana Matahari selama ribuan tahun. Sepanjang zaman, mitos dan kesalahpahaman umum terbentuk sehubungan dengan fenomena tersebut, demikian dikutip WJLG, baru-baru ini.

Gerhana Matahari cincin akan terjadi besok, Kamis, 26 Desember 2019. Di Indonesia akan dimulai pada pukul 10.00-an WIB dan puncaknya akan terjadi pada pukul 12.00 WIB.

Lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat NASA meluruskan dan menghilangkan beberapa mitos umum tentang peristiwa langit yang luar biasa ini. Berikut mitos tersebut:

1. Mengganggu kesehatan jika terjadi 6 bulan sebelum atau pada hari ulang tahun seseorang

Tidak ada hubungan antara gerhana Matahari dan kesehatan seseorang. Meskipun beberapa peramal mungkin memberi tahu yang berbeda, NASA menjelaskan bahwa jika terjadi ini hanya kebetulan, bukan fakta.


"Di antara sampel acak, Anda mungkin menemukan korelasi seperti itu dari waktu ke waktu, tapi mereka kalah jumlah dengan semua kesempatan lain di mana kesehatan Anda sangat baik," kata NASA.

NASA menjelaskan bahwa itu "bias konfirmasi," atau apa yang terjadi ketika kita mencoba mengingat kapan peristiwa itu terjadi, tapi melupakan semua contoh lain. Itu karena otak dirancang untuk mencari pola di alam sebagai sifat bertahan hidup.

Bias ini juga muncul ketika orang mengklaim bahwa gerhana Matahari adalah pertanda nasib buruk atau peristiwa kehidupan akan segera terjadi pada mereka. Sebaliknya, sepanjang sejarah, gerhana Matahari biasanya didokumentasikan ketika mereka bertepatan dengan peristiwa penting.

Gerhana Matahari relatif umum dan terjadi antara dua dan empat kali setahun. Namun, cuaca buruk, orbit Bumi atau orbit Bulan dapat mempengaruhi visibilitas gerhana matahari, yang berarti bahwa kejadian ini juga bertepatan dengan banyak peristiwa kehidupan positif.

Berita Terbaru