Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertumbuhan Wisata di Kotim Menunjukkan Geliatnya

  • Oleh Naco
  • 01 Januari 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur menyebutkan pertumbuhan wisata di Kotim sudah menunjukkan geliatnya.

Salah satunya setiap libur panjang masyarakat  berkunjung ke sejumlah wahana wisata alam maupun wisata buatan. Maka dari itu ia mendorong agar wisata itu dikelola bahkan bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta supaya bisa cepat berkembang.


Menurutnya, potensi wisata seperti pantai Ujung Pandaran kedepannya memiliki prospek baik. Jika pemerintah tidak bisa mengelola hendaknya di alihkan ke  pihak ketiga. Artinya pemerintah hanya menerima retribusi dari pengelola saja tanpa harus mengeluarkan anggaran untuk membenahinya.

"Saya melihat sendiri kunjungan tempat wisata  meski jauh  seperti halnya Ujung Pandaran itu tetap dikunjungi, bahkan  destinasi ini dikunjungi oleh masyarakat luar Kotim," kata Rudianur, Rabu, 1 Januari 2020.

Menurutnya, jika menunggu anggaran dari APBD akan sulit, sebab ada proses dan mekanisme yang harus dilaksanakan. Mulai dari  perencanaan, pembahasan hingga di DPRD. 

"Namanya uang negara tentu sulit membelanjakannya," ungkapnya.

Apalagi di tengah kekurangan anggaran seperti sekarang. Makanya lebih tepat dikelola oleh swasta. Tidak menutup kemungkinan, Ujung Pandaran itu kedepannya akan dibangun hotel  mewah. Bahkan dengan home stay yang  dikelola masyarakat sekitar setiap akhir pekan selalu penuh

Apalagi di akhir tahun seperti saat ini,  libur Tahun Baru, libur Idul Fitri dan lain sebagainya termasuk hari Sabtu-Minggu  jadi pusat kunjungan masyarakat.


Tidak kalah penting, kata dia  pengembangan pariwisata tidak bisa berjalan tanpa adanya dukungan penuh dari masyarakat. Untuk menjadikan suatu daerah sebagai destinasi wisata. (NACO/B-5)

Berita Terbaru