Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Menuju Desa Handiwung Katingan Sepanjang 3 Kilometer Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Januari 2020 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ruas Jalan Hampangen - Mendawai wilayah Desa Handiwung Kecamatan Tasik Payawan sepanjang 3 kilometer, banjir. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua hari terakhir. Namun banjir di wilayah ini bukan karena luapan air Sungai Katingan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga bersama personelnya memantau konisi jalan yang terendam di wilayah Desa Handiwung ini pada Sabtu, 4 Januari 2020.

Menurut Eka Surya Dilaga, banjir yang menggenangi ruas jalan itu berasal dari luapan danau di sekitar Desa Handiwung. Hal ini karena curah hujan sejak beberapa hari tinggi. Danau di desa itupun tidak dapat menampung air hujan hingga meluap dan menggenangi ruas jalan.

"Jadi bukan karena luapan air Sungai Katingan. Sebab, sampai saat ini kondisi Sungai Katingan masih normal dan tidak meluap," kata Eka Surya Dilaga.

Menurutnya, ketinggian banjir yang menggenangi ruas jalan tersebut sekitar 30 centimeter. Meski demikian, genangan air di jalan ini mengganggu aktifitas warga Desa Handiwung dan sekitarnya.

"Ia warga mulai terganggu, khususnya transportasi yang tidak lancar karena genangan air itu. Namun masyarakat terbantukan oleh pelayanan feri modifikasi yang dioperasikan masyarakat setempat," tutur Eka Surya Dilaga.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru