Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Bupati Katingan Saat Lantik Kepala Desa di Kampung Baru

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Januari 2020 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakaiyas melantik 6 kepala desa dari wilayah Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai di Desa Kampung Baru, Katingan Kuala, Selasa, 7 Januari 2020.

Pelantikan 6 kepala desa dari dua kecamatan ini berlangsung di tengah sawah. Bupati berharap kepada para kepala desa yang baru dilantik agar memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsi serta wewenangnya sebagai kepala desa.

"Ini sangat penting dalam rangka mengawal penyelenggaraan pemerintahan desa secara maksimal," ujarnya.

Sehingga desa bisa menentukan kewenangan dalam perencanaan sistem pemerintahan desa serta keuangan secara mandiri.

Kewenangan dimaksud meliputi kewenangan memimpin, penyelenggaraan pemerintahan desa, serta tugas lainnya berdasarkan kebijakan yang yang ditetapkan bersama BPD, menyusun dan mengajukan rancangan peraturan desa mengenai APBDes untuk dibahas bersama BPD.

"Kemudian membina kehidupan masyarakat desa, membina perekonomian desa, mengkoordinir pembangunan desa secara partisipatif, mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.

Ke 6 kepala desa yang dilantik ini, 4 kepala desa dari wilayah Kecamatan Mendawai, yakni M Yusran menjabat Kepala Desa Tumbang Bulan, kemudian Gunadi jadi Kepala Desa Perigi, Yandi menjabat Kepala Desa Tewang Kampung dan Titi Sumardi jadi Kepala Desa Teluk Sebulu.

Sementara 2 kepala desa lainya berasal dari Kecamatan Katingan Kuala, yakni Pramono sebagai Kepala Desa Kampung Baru dan Ade Dirin yang menjabat Kepala Desa Singam Raya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru