Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Rimba Sari Dilatih Manfaatkan Mesin Panen Jagung

  • Oleh Ramadani
  • 10 Januari 2020 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) penanganan pascapanen dan pemanfaatan alat mesin corn combine harvester atau mesin panen jagung di Desa Rimba Sari Km 53, Kecamatan Teweh Tengah, Kamis 9 Januari 2020.

"Bimtek ini dilaksanakan guna mendukung swasembada pangan berkelanjutan,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi.

Dikatakan, dalam rangka pemenuhan pemenuhan pangan dan peningkatan mutu produksi tanaman pangan berbagai upaya dilakukan pemerintah antara lain diimplementasikan melalui pengelolaan tanaman terpadu.

Menurutnya, dalam pembangunan pertanian, subsistem penanganan pascapenen masih menghadapi berbagai kendala antara lain masih tingginya kehilangan susut hasil panen dan rendahnya mutu hasil panen yang disebabkan penanganan panen dan pascapanen yang tidak tepat atau tidak memenuhi syarat.

Hal ini karena terbatasnya kemampuan dan pengetahuan petani dan pelaku usaha akan penanganan panen dan pascapanen yang baik.

Juga terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana pascapanen serta belum mantapnya kemitraan usaha antara produsen dan industri, sehingga mengakibatkanrendahnya daya saing produk pertanian khususnya padi, jagung dan kedelai.

Budi menambahkan penanganan panen dan pascapanen yang baik merupakan faktor penentu yang sangat penting untuk menekan susut hasil, mempertahankan mutu hasil, mempertahankan dan memperpanjang masa simpan serta meningkatkan daya saing komoditas tanaman pangan khususnya padi, jagung dan kedelai. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru