Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Pulang Pisau Ingin Handil Balimau Jadi Sentra Jeruk

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 12 Januari 2020 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pertanian Pulang Pisau menginginkan wilayah Handil Balimau, Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir bisa menjadi sentra kebun jeruk. Mengingat, wilayah Handil Balimau merupakan daerah yang masyarakatnya cukup banyak menanam jeruk. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto mengatakan, tercatat ada sekitar 10 hektare luas tanaman kebun jeruk yang ada di Handil Balimau. Sehingga, wilayah itu memiliki potensi yang cukup baik jika dikembangkan. 

"Pemasaran buah jeruknya juga sudah kemana-mana," kata Slamet, Minggu 12 Januari 2020. 

Ia menambahkan, untuk menjadikan Handil Balimau sebagai wilayah sentra kebun jeruk memang butuh waktu dan anggaran yang tidak sedikit. Misalnya harus membangun pintu gerbangnya dan melengkapi sarana dan prasarana lainnya. 

"Pengairannya, infrastruktur jalannya dan fasilitas lainnya. Memang tak sedikit anggaran yang dibutuhkan," ujar dia. 

Slamet mengungkapkan, jika wilayah Handil Balimau itu mampu diwujudkan sebagai sentra kebun jeruk, tentu akan menjadi salah satu destinasi wisata di Pulang Pisau. Bahkan, Pulang Pisau juga bisa dikenal sebagai wilayah penghasil buah jeruk. 

"Karena buah jeruk ini yang menyukainya cukup banyak. Sehingga saya yakin untuk pemasarannya mungkin tak akan sulit. Apalagi jika rasa buah jeruknya itu manis dan tidak asam," ungkap Slamet. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru