Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng akan Terus Perjuangkan Pembangunan Pasar Rakyat Sesuai Kebutuhan

  • Oleh Agus Priyono
  • 13 Januari 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 82 pasar tradisional dibangun di wilayah Kalteng semasa pemerintahan Sugianto Sabran - Habib Ismail. Tak hanya itu, Pemprov Kalteng juga akan memperjuangkan ke pemerintah pusat untuk pembangunan pasar agar ditambah sesuai kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng, sebaran pasar rakyat baru yang telah dibangun itu yakni, 2 pasar di Kota Palangka Raya, 8 di Kabupaten Barito Utara (Barut), 8 pasar di Kapuas, dan 4 pasar di Kotawaringin Barat (Kobar).

Selanjutnya, 7 pasar di Kotawaringin Timur, 6 pasar rakyat di Kabupaten Katingan, 2 di Seruyan, 5 di Sukamara, 6 di Lamandau, 7 di Gunung Mas, 5 di Pulang Pisau, 12 di Murung Raya, 2 di Barito Timur, dan 8 di Barito Selatan. 

"Penambahan bangunan pasar rakyat itu usulan dari pemerintah kabupaten/kota dan direkomendasikan provinsi kepada pusat," ujarnya.

Biaya pembangunan pasar rakyat itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pemprov berperan merekomendasikan usulan kabupaten/kota dan melobi pemerintah pusat agar bisa dibangun di Kalteng.

"Sebanyak 82 pasar rakyat itu dari tahun 2016 - 2018 ya. Belum termasuk di tahun 2019 yang masih dalam proses," pungkasnya. (AGUS/ADV/B-11)

Berita Terbaru