Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyederhanaan Regulasi Jalan Kemakmuran Rakyat

  • Oleh Penulis Opini
  • 16 Januari 2020 - 23:52 WIB

BORNEONEWS - Salah satu program prioritas Jokowi - Ma'ruf ialah penyederhanaan regulasi. Program ini dinilai banyak memberikan implikasi positif karena mampu memangkas regulasi dan mempermudah investasi.

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia harus bergerak cepat dalam menanggulangi resesi ekonomi seiring melambatnya perekonomian secara global. Pihaknya akan melakukan sejumlah penyunatan terhadap regulasi yang menghambat guna menciptakan ekosistem dunia usaha yang akan membantu investasi.

Jokowi telah menyebutkan bahwa pemerintah akan memaksimalkan perbaikan khususnya atas perizinan serta investasi di Indonesia.

Pemberlakuan reformasi menyeluruh terhadap ekosistem perizinan dan investasi akan menjadi kunci utama bagi Indonesia dalam mengatasi tren penurunan ekonomi global.

Presiden menambahkan harus terus melakukan deregulasi penyederhanaan dan konsistensi regulasi. Baik melaksanakan debirokratisasi penyederhanaan kerja, maupun penyederhanaan proses yang mengarah kepada pelayanan.

Semua pihak harus mencegah korupsi tanpa mengintervensi keberanian untuk berinovasi. Selain itu pemanfaatan teknologi ini juga akan mempermudah segala kesulitan. Menurutnya, reformasi perundang-undangan harus ini harus dilakukan secara besar-besaran.

Bahkan Jokowi mengajak semua pemerintah, DPD, DPR dan MPR termasuk Pemda dan DPRD guna melakukan langkah-langkah baru. Sebab kita tidak boleh terjebak pada regulasi yang alot, berformalitas ruwet ataupun rumit.

Maupun yang terkesan basa-basi dan justru membuat keadaan makin keruh dan berdampak bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Untuk itu pemerintah akan membentuk Badan legislasi Nasional (Balegnas) untuk mempercepat rencana pemerintah melakukan penyederhanaan regulasi.

Hal ini disampakan Menter Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 13 November 2019.

Berita Terbaru