Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tips Beternak Lebah Madu Kelulut

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Januari 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pembudidaya madu kelulut di Desa Sei Asam, Masrawan, membagikan sejumlah tips untuk beternak lebah trigona yang menghasilkan madu kelulut. 

Masrawan menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan yakni penempatan lokasi sarang atau koloni harus di tempat yang teduh atau sejuk. Tujuannya, agar lebah dapat merasa aman dan nyaman guna menghasilkan madu yang banyak.

"Dalam membudidayakan ini tidak begitu sulit, ini cukup ditempatkan yang sejuk, lebah bisa berkembang biak dengan sendirinya," ucap Masrawan, Sabtu sore, 18 Januari 2020.

Dia menyarankan, untuk sarang memang lebih baik yang alami atau terbuat dari pohon kayu mati yang diambil langsung dari hutan sudah dihuni lebah. Hanya memang, saat ini cukup sulit ditemukan di hutan.

"Jadi itu yang terpenting bagian sarangnya. Tetapi memang jika musim penghujan, produksi madu kelulut ini kemungkinan berkurang," tuturnya.

Masrawan yang sudah 2 tahun membudidayakan lebah madu kelulut ini memiliki sekitar 10 sarang, tepat berada di halaman belakang rumahnya, Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir.

Bahkan, produknya sudah cukup dikenal dan sudah ada sebagian yang dipasarkan ke luar daerah seperti Banjarmasin, Palangka Raya, Tangerang, hingga Salatiga (Jawa Tengah). (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru