Sekda Kalteng Harapkan Seluruh Elemen Bekerja Sama Atasi Stunting

  • Oleh Agus Priyono
  • 20 Januari 2020 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah atau Sekda, Fahrizal Fitri mengharapkan seluruh dinas, instasi vertikal dan elemen masyarakat dapat bekerja sama mengatasi masalah stunting.

Sebab, angka stunting di Kalteng masuk dalam kategori mengkhawatirkan. Pihak Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana atau BKKBN Kalteng juga diminta turut berkoordinasi, sehingga dapat terjalin sinergi dalam mewujudkan Kalteng Berkah.

Fahrizal mengatakan, saat ini Kalteng berada di peringkat kelima dengan persentase sebesar 34 persen secara nasional. Angka tersebut merupakan angka yang cukup mengkhawatirkan.

Tidak hanya itu, Fahrizal juga menekankan jika ada kabupaten di wilayah Kalteng yang mencapai angka 48 persen. Hal tersebut tentu menunjukan jika angka stunting telah mendekati separuh kelahiran yang terjadi di wilayah itu.

"Itu sudah mendekati separuh kelahiran dan mengkhawatirkan. Stunting itu akan menghasilkan bayi dengan kemampuan berpikir yang rendah. Pastinya memiliki produktivitas yang rendah juga," ujar Fahrizal Fitri, Senin, 20 Januari 2020.

Ia berharap dengan kerja sama yang baik melibatkan semua pihak, Kalteng dapat menghasilkan generasi unggul yang dapat bersaing. "Kami berharap generasi yang dihadilkan mampu bersaing. Tidak hanya lokal melainkan lintas negara suatu saat nanti," tandasnya. (AGUS/B-7)

Berita Terbaru