Komitmen Capai Target PAD, Bupati Gunung Mas dan OPD Tandatangan Pakta Integritas 

  • Oleh Hendra
  • 22 Januari 2020 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sebagai Komitmen mencapai target pendapatan asli daerah atau PAD tahun anggran 2020, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan organisasi perangkat daerah atau OPD di lingkup pemerintah setempat menandatangani Pakta Integritas. 

Penandatangan pakta integritas yang digelar pada Selasa 21 Januari 2020, dilakukan secara simbolis oleh bupati dan 5 kepala OPD setelah pelantikan dan pengambilan sumpah penjabat struktural di lingkup Pemkab Gunung Mas di GPU Damang Batu. 

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengatakan, penandatangan pakta integritas merupakan pernyataan janji bersama atau sebuah komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku. 

"Penandatangan dokumen pakta integritas tersebut akan dilakukan secara berjenjang oleh eselon III dan IV di masing-masing OPD, untuk mempersingkat waktu," ujar Bupati. 

Ia menjelaskan, penandatangan dokumen pakta integritas ini sebagai komitmen dari pimpinan OPD atas kesanggupannya untuk mencapai target PAD tahun 2020 yang sudah ditentukan. 

"Penandatangan ini dilakukan sebagai wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan, dan bertanggung jawab dalam rangka menciptakan pemerintah yang baik," jelasnya. 

"Selain itu hal tersebut juga kita lakukan untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi, sehingga pemerintahan daerah bebas dari korupsi," lanjunya. 

Ada pun isi dokumen pakta intrgritas tersebut, ia sebutkan diantaranya, pertama kerja dan berperan aktif dalam pemberantasan korupsi, kedua menjalankan tugas dengan batasan kewenangan, ketiga bersikap jujur, transparan, dan objektif, keempat memberikan contoh yang baik antar sesama pekerja. 

"Saya berharap seluruh OPD memiliki semangat dan bertekad untuk penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga berdampak baik bagi perubahan pembagunan di Kabupaten Gunung Mas," harapnya. (HENDRA/m) 

Berita Terbaru