Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Peternakan Barito Timur akan Tambah Pos Lalu Lintas Ternak di Desa Bentot

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Februari 2020 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Peternakan Kabupaten Barito Timur akan menambah pos lalu lintas ternak di Desa Bentot, Kecamatan Patangkep Tutui.

Rencana penambahan pos ini akibat menurunnya pendapatan dari retribusi lalu lintas ternak pada 2019 dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menjelaskan pada 2018 pendapatan retribusi lalu lintas ternak Rp 54 juta, namun pada 2019 mengalami penurunan menjadi Rp 30 juta.

"Berarti kita mengalami penurunan 45 persen pada 2019," katanya, Sabtu 1 Januari 2020. Menurut pengamatannya penurunan pendapatan retribusi ini akibat semakin berkurangnya lalu lintas ternak unggas maupun ternak lain yang melintasi pos lalu lintas ternak di Kelurahan Taniran, Kecamatan Benua Lima.

"Mungkin karena jalan nasional yang melintasi Desa Bentot sampai Desa Patung sudah semakin bagus sehingga banyak yang lewat sana," ungkapnya.

Karena itu saat rapat koordinasi di Kementerian Pertanian beberapa hari lalu, dia mengusulkan ke Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk penambahan pos lalu lintas hewan di Barito Timur.

"Sambil menunggu dari Kementerian Pertanian, mulai Minggu depan kita akan fungsikan dulu kantor BPP Patangkep Tutui di Desa Bentot untuk pos lalu lintas hewan. Kita akan berdayakan Satpol PP untuk membantu di pos tersebut," imbuhnya.

Selain untuk memungut retribusi, Riza menjelaskan pos lalu lintas ternak juga berfungsi untuk mencegah penyakit menular yang terbawa oleh hewan masuk ke Kabupaten Barito Timur.

"Jadi nanti ternak yang akan melintas kita semprot dengan disinfektan supaya tidak membawa penyakit ke daerah kita seperti flu burung yang dapat menulari manusia," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru