Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Tahun Ini Dapat Bantuan Kapal Susur Sungai Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Februari 2020 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perhubungan (Dishub) pada tahun ini akan mendapatkan hibah bantuan berupa kapal susur sungai dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kabupaten Kapuas menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan kapal susur sungai tersebut. Kapal itu cuma ada sembilan di Indonesia. Sesuai jadwal akan diterima pada bulan November 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Vitrianson mengatakan, penyediaan atau pengadaan Kapal Pelayaran Rakyat (PERLA) dari Kementerian Perhubungan RI tersebut sebagai perwujudan tanggung jawab pemerintah.

"Iya, tahun ini kita akan dapat bantuan hibah kapal itu. Ini untuk terjaminnya kemudahan aksesbilitas bagi masyarakat yang ingin menikmati wisata susur sungai di Kabupaten Kapuas," ucap Vitrianson, Selasa, 4 Februari 2020.

Vitrianson menuturkan, fasilitas dari kapal tersebut sudah sangat memadai untuk digunakan sebagai kapal susur sungai. Sebab, fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Kapal tersebut memiliki panjang sekitar 7,4 meter dan lebar 4 meter.

Selain bisa disungai, kapal tersebut juga bisa dioperasikan di laut karena memiliki peralatan navigasi yang memadai. “Terkait dalam hal pengelolaan dan rute susur sungai, kami akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kapuas untuk memilih lokasi-lokasi maupun rute mana saja yang akan dilalui," tuturnya.

"Kapal tersebut juga bisa digunakan untuk pelayanan medis karena mempunyai fasilitas yang lengkap," lanjut dia.

Ia berharap, pengadaan kapal ini mampu menciptakan angkutan sungai yang aman, selamat dan terjangkau bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru