Ketua DPRD Lamandau Ingin Sosok Berkompeten Jadi Direksi PD Bajurung Raya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Februari 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Menyikapi telah dimulainya tahapan seleksi untuk calon direksi Perusahaan Daerah atau PD Bajurung Raya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Lamandau M Bashar berharap direksi PD Bajurung Raya nantinya dapat diisi oleh orang yang berkompeten.

"Tentu kita menginginkan bahwa Direksi (PD) Bajurung Raya nanti dapat diisi oleh orang yang berkompeten dalam mengelola dan mengembangkan perusahaan. Sehingga keberadaan perusda ini betul-betul bermanfaat. Unit usahanya dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik dan tentu harapannya Perusda ini dapat menjadi perusahaan profit sehingga menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah)," kata M Bashar, Minggu 9 Februari 2020.

Selain berkompeten, M Bashar juga mengharapkan direksi Bajurung Raya yang akan datang juga merupakan orang berpengalaman, memiliki rekam jejak yang jelas dan juga memiliki visi misi yang realistis dan terukur, karena yang akan dikelola nantinya adalah perusahaan plat merah yang selama ini sudah sangat diharapkan betul peranannya.

M Bashar juga memastikan bahwa selama proses seleksi untuk calon direksi PD Bajurung Raya, DPRD akan memaksimalkan fungsi pengawasan dengan baik, termasuk saat dilibatkan dalam melakukan asesment dan fit and proper test.

"Saya yakin dan percaya, pada dasarnya baik eksekutif maupun legislatif itu memiliki keinginan dan semangat yang sama, yaitu ingin adanya pembenahan PD Bajurung Raya agar lebih produktif dan dapat dirasakan betul keberadaannya, bukan justru sebaliknya," jelas dia.

Direksi PD Bajurung Raya mendatang juga diharapkan diisi oleh orang yang berintegrasi tinggi dan betul-betul siap menjalankan usahanya dengan profesional, sehingga kedepan tidak akan lagi muncul kesan dan stigma negatif.

Bashar juga menilai, unit usaha yang nantinya akan dikembangkan PD Bajurung Raya juga harus dilakukan evaluasi, sehingga usaha yang dikembangkan itu didasarkan pada perencanaan dan kajian yang matang, sehingga targetnya dapat tercapai.

"Contoh saja yang ada didepan mata adalah pengelolaan dan pengembangan PLTBg (Pembangkit Listrik Tenaga Biogas), sejauh ini progresnya dan prospeknya sudah smpai mana, itu tentu harus dimaksimalkan. Saya yakin, potensi SDM di Lamandau yang berkompeten mengisi jabatan direksi Bjurung Raya ini banyak, silahkan saja nanti berkompetisi dan semoga yang terpilih adalah yang terbaik," harap Bashar.
(HENDI NURFALAH/B-5) 

Berita Terbaru