Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Memutus Akses Jalan Menuju Petak Bahandang Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Februari 2020 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir akibat luapan air Sungai Katingan memutus akses jalan menuju Petak Bahandang, Ibu Kota Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan.

Dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id, Senin, 11 Februari 2020, akses jalan darat menuju Petak Bahandang yang putus sejauh ini menjadi langganan banjir pada musim hujan.

Sebab jalan yang ada lebih rendah dibandingkan dengan ruas lainnya. Meski sejauh ini pemerintah daerah sudah membangunkan gorong-gorong pada titik ruasyang sering kebanjiran itu, namun pembangunan gorong-gorong belum bisa mengatasi banjir yang menggenangi titik tersebut.

Ada dua titik ruas jalan menuju Petak Bahandang yang terendam banjir ini. Menurut warga Petak Bahandang, ruas jalan yang putus karena tergenang air itu sepanjang sekitar 15 meter saja.

"Sudah sekitar 2 hari ini jalan menuju Petak Bahandang maupun sebaliknya terendam banjir, sehingga sepeda motor terpaksa harus diseberangkan menggunakan kelotok yang dimodifikasi seperti fery untuk melewati jalan banjir itu," sebut Heri, warga Petak Bahandang.

Namun, katanya untuk kendaraan roda empat sejauh ini masih bisa melalui ruas jalan yang terendam banjir itu.

Warga pengguna sepeda motor yang menggunakan jasa fery tradisional dikenakan tarif Rp 5 ribu sekali menyeberang oleh pemilik fery atau kelotok.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga membenarkan jika ada dua titik jalan menuju Petak Bahandang yang terendam banjir itu.

Namun katanya pada hari kemarin warga gotong royong membuat jalan titian dari papan untuk melintasi jalan terendam itu.

Menurturnya, sejak awal Februari 2020 ini curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan meninggi, hingga mengakibatkan Sungai Katingan meluap di beberapa wilayah kecamatan. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru