BPD dan Kades Harus Saling Mendukung Untuk Kemajuan Desa

  • Oleh James Donny
  • 18 Februari 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengharapkan agar anggota badan permusyawaratan desa atau BPD dan kepala desa harus saling mendukung dalam pelaksanaan tugas untuk kemajuan desa.

"Dalam menjalankan kerja sama tersebut kita ibaratkan BPD dengan kades seperti suami-isteri, harus saling mendukung untuk kemajuan desa," kata bupati saat menghadiri acara peresmian sumpah janji anggota BPD di Kecamatan Kahayan Tengah, Selasa, 18 Februari 2020.

Menurut Edy, jika ada masalah di desa, dapat dimusyawarahkan demi mencari solusi. "Jangan sampai malah BPD yang melaporkan pemerintah desa atas pelaksanaan pembangunan yang telah direncanakan bersama," katanya. 

Bupati melanjutkan, BPD, kades dan pemerintah daerah memiliki tujuan yang sama yaitu membangun desa yang maju, mandiri dan sejahtera. "Karena hasil pembangunan desa akan berdampak pada perwujudan visi dan misi saya selaku Bupati Pulang Pisau dalam kepemimpinan kedua kami. Sebagai periode emas, kami ingin mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang inovatif, maju, berkeadilan dan sejahtera," terang Edy. 

Dia berharap, BPD terpilih menjaga integritas dan netralitas dalam fungsi pengawasan kinerja kepala desa dengan tidak merangkap jabatan pada lembaga yang pengangkatan dan pemberhentiannya dilakukan melalui surat keputusan kepala desa.

"Misalkan seperti pada jabatan lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa," tuturnya. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru