Satpolair Polres Kobar Inisiasi Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Sungai Bakau

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Februari 2020 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Satpol Air Polres Kobar melakukan kegiatan penanaman mangrove dalam rangka Polri peduli penghijauan pantai dan pengutan ekonomi masyarakat pantai, di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Jumat, 21 Februari 2020.

Kegiatan tersebut, dibuka secara langsung oleh Kapolres Kobar AKBP E Dharma Ginting, serta dihadiri dan diikuti oleh Kabagops AKP Boni Ariefianto, Kasat Pol Air Polres Kobar Iptu Kusean Afandi Danpos AL Kumai Letda Laut (P) MS Rio Kusuma dan beserta jajaran lainnya.

Kemudian dari instansi terkait, meliputi Kadis Pariwisata Kobar Wahyudi, Sejumlah Kades, kemudian peserta didik dari tingkat SD, SMP dan SMK di Kecamatan Kumai.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kapolres Kobar AKBP E. Dharma B. Ginting, disampaikan bahwa penanaman pohon mangrove ini merupkan wujud Polri hadir untuk masyarakat.

"Jadi penanaman Mangrove ini dilakukan serentak se Indonesia, sehingga jajaran Polri di Kobar juga melakukannya," kata Kapolres.


Kemudian selain dari pada itu, manfaat dari mangrove ini banyak sekali, sebagai penghijaunan wilayah pesisih pantai dan peningkatan ekonomi.

"Dengan adanya mangrove, udara menjadi sejuk dan menjadi tempat biota laut, seperti kepiting, kerang dan lainnya berkembang biak, sehingga dapat meningkatkan tangkapan nelayan," ujarnya.

Kemudian, setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan mangrove secara simbolis kepada peserta penanamanan.

Serta dilanjutkan menam langsung pohon mangrove di pesisir pantai Desa Sungai Bakau. Pesertapun nampak antusias, terutama para pelajar. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru