Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekonomian Barito Utara Tumbuh di Angka 6,01 Persen

  • Oleh Ramadani
  • 21 Februari 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa perekonomian Pemerintah Kabupaten Barito Utara pada tahun 2019 tumbuh positif di angka 6,01 persen.

“Lebih cepat di bandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini murni disebabkan oleh meningkatnya produksi di seluruh lapangan usaha, tidak dipengaruhi inflasi," ungkap Sugianto Panala Putra di Aula Bappeda Litbang, Jumat, 21 Februari 2020.

Ungkapan wakil bupati itu juga didengar langsung oleh anggota DPR RI, Willy Midel Yoseph yang melakukan kunjungan kerja ke kabupaten setempat. 

Dalam 5 tahun terakhir, lanjut Sugianto, struktur perekonomian Barito Utara di dominasi oleh beberapa kategori lapangan usaha. Di antaranya, pertambangan dan penggalian, pertanian, kehutanan dan perikanan, industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, serta transportasi dan pergudangan.

Dia menambahkan, upaya percepatan pembangunan terus dilakukan. Saat ini ada 61 perusahaan yang memiliki IUP dan CC batubara. Sedangkan sektor kelistrikan, 63,7 persen wilayah Barito Utara telah dialiri listrik PLN.

"65 desa atau kelurahan yang telah dialiri listrik PLN, sedangkan 37 desa lainnya masih belum. Ini sedang berproses, nantinya seluruh wilayah desa atau kelurahan di Barito Utara akan terang benderang," ungkap Sugianto. (RAMADHANI/B-7) 

Berita Terbaru