Mantan Penyidik KPK Roland Ronaldy Jadi Kapolres Bogor

  • Oleh Teras.id
  • 24 Februari 2020 - 06:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Ajun Komisaris Besar Roland Ronaldy dilantik menjadi Kepala Polres Bogor.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor : ST/385/II/KEP./2020, Roland menggantikan M. Joni yang mendapatkan promosi jabatan menjadi Komisaris Besar dan ditempatkan sebagai Wakil Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya.

"Selama lima bulan Pak Muhammad Joni memimpin Polres Bogor, berbagai pelayanan kegiatan masyarakat serta bentuk kepemimpinan beliau telah di darmabaktikan bersama anggota Polres," kata Kabag Humas Polres Bogor, Ajun Komisaris Ita Puspita Lena, melalui pesan yang diterima Tempo, Ahad 23 Februari 2020.

Ita mengatakan sebelum menjabat Kapolres Bogor, Roland menjabat sebagai Kapolres Kota Cirebon. Roland juga pernah bekerja pada Biro Misi Internasional, sebagai Divhubinter Mabes Polri dan pernah bertugas di luar struktur organisasi Polri yakni menjadi penyidik KPK. "Di Cirebon, pak Roland menjabat satu tahun 11 bulan," kata Ita.

Nama Roland sempat terseret dalam kaitan dugaan perusakan barang bukti kasus suap hakim MK yang melibatkan pengusaha Basuki Hariman dan Ng Fenny.

Roland kepada tim Indonesialeaks enggan berkomentar soal ini. "Ini kan soal rahasia. Ngapain sih diungkit-ungkit lagi," kata dia saat bertugas sebagai Kepala Kepolisian Resor Cirebon pada Juni 2018.

Pada malam kenal pamit, Ita mengatakan, Roland mengaku cukup terkejut dengan jumlah penduduk Kabupaten Bogor, yang berbeda drastis dengan jumlah penduduk ketika Roland memimpin sebagai Kapolres Cirebon Kota.

Roland Ronaldy mengatakan banyak hal yang telah dilakukan oleh M. Joni, selama memimpin Polres Bogor. Dia berharap bisa melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Kapolres terdahulunya itu. "Tentunya kami siap menjalakan tugas sebagai Kapolres baru dengan bersinergi bersama Forkopimda Kabupaten Bogor," ucap Ita menirukan pernyataan Kapolres Roland.

Bupati Bogor Ade Yasin turut hadir dalam pertemuan malam kenal pamit di Gedung Serbaguna I Tegar Beriman Cibinong itu. "Saya yakin bahwa setiap Kapolres yang ditempatkan memimpin Polres Bogor ini, merupakan Kapolres yang terbaik dan berprestasi," kata Ade.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru