Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gunung Mas: Penyuluhan Pertanian Lapangan Masih Kurang

  • 25 Februari 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia Lp Umbing mengatakan penyuluh pertanian lapangan atau PPL di daerah itu masih kurang. 

Hal itu diungkapkan dalam pertemuan teknis penyuluhan pertanian lapangan tingkat kabupaten di gedung pertemuan umun tau GPU Tampung Penyang, Selasa 25 Febuari 2020.

"Saat ini PPL yang kita miliki masih kurang. Hanya ada 46 orang dan 3 petugas pengendali organisme lapangan pengganggu tanaman (POTP). Sedangkan di dearah kita ini terdapat 127 kecamatan/desa," ujarnya. 

Dia mengatakan idealnya, satu desa satu PPL. Kendati demikian, ia menyarankan kondisi tersebut jangan sampai menggoyahkan semangat penyuluh pertanian untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam memberikan penyuluhan pendampingan kepada petani. 

Menurutnya, jika sangat diperlukan untuk menutup kekurangan tersebut, maka pihaknya akan merekrut dari pegawai negeri sipil atau PNS dan pegawai tidak tetap atau PTT.

"Tetapi dengan catatan harus orang-orang yang mau bekerja dan mau turun ke lapangan," kata orang nomor dua di Kabupaten Gunung Mas itu. 

Dia berharap, peran para PPL yang menjadi garda terdepan harus mampu menjadi motivator para petani. Juga harus mampu manfaatkan perkembangan teknologi pertanian supaya peningkatan pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Gunung Mas terwujud. 

"Sebab terkadang ada petani yang lebih tau dari PPL, kerena berdasar pengalaman mereka (petani). Untuk itu, pengetahuan penyuluh harus ditingkatkan," tuturnya. (HENDRA/B-7) 


TAGS:

Berita Terbaru