Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasir PT Satrindo Jaya Agropalma Gelapkan Uang Perusahaan Ratusan Juta Rupiah, Begini Modusnya

  • Oleh Naco
  • 26 Februari 2020 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - KU alias YN, kasir PT Satrindo Jaya Agtopalma melakukan penggelapan uang perusahaan hingga ratusan juta rupiah. Modusnya, memanipulasi jumlah nominal dana operasional atau gaji.

Perbuatan tersebut dilakukan tersangka sejak Juli hingga Desember 2019 di kantor perusahaan, Desa Tumbang Keminting, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Jumlah dalam rekap yang dibuat itu terdapat selisih, uang selisih atau yang dimanupulasi itu yang digelapkanya," kata Kasi Pidana Umum Kejari Kotim, Teguh Fidya Wahyudi.

Akibat perbuatan tersangka tersebut, pihak perusahaan mengalami kerugian hingga mencapai Rp 382.631.701.

Pada periode pertama tersangka berhasil menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp 21.990.502. Merasa berhasil, dia mengulangi lagi perbuatannya.

Penuturan tersangka uang tersebut sudah habis digunakannya untuk jalan-jalan ke Jawa, memenuhi kebutuhan hidupnya, serta untuk berdagang.

Kepada jaksa tersangka mengaku sudah membuat surat pernyataan bersedia mengembalikan dana dengan kerugian tersebut, bahkan tersangka sudah mengembalikan uang sebesar Rp 9.000.000 serta menyerahkan perhiasan emas dan 2 BPKB sepeda motor sebagai jaminan sementara. (NACO/B-11)

Berita Terbaru