Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kekurangan Guru di Gunung Mas Diharapkan Dapat Teratasi dengan Rekrutmen CPNS

  • 02 Maret 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kalangan DPRD Gunung Mas berharap kekurangan guru di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat diatasi dengan rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2019.

"Dan jika peraturannya ada, saya juga berharap guru honorer yang ada dapat diangkat untuk mengisi kekurangan itu," kata Ketua DPRD Gunung Mas, Akerman Sahidar, Senin 2 Maret 2020.

Dia mengatakan kekurangan guru tersebut tidak hanya terjadi di kabupaten, namun juga daerah lainnya.

"Saya berharap pemerintah daerah dapat memerhatikan hal tersebut, sehingga kekurangan yang ada dapat teratasi, agar kegiatan belajar mengajar lancar," katanya.

Sebelumnya, Kabid Pembina Ketenagaan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga atau Disdikpora Kabupaten Gunung Mas, Wandra menyebutkan di wilayah itu memang terdapat kekurangan guru pada SD dan SMP. 

Menurutnya, keseluruhan jumlah guru SD, untuk PNS saat ini sebanyak 1.181 orang, dan guru honor 472 orang SD. Sedangkan untuk guru PNS SMP berjumlah 397 orang, dan guru honor 249 orang.

"Jadi kita masih kekurangan 149 orang guru SMP dan 823 orang guru SD,” ucap Wandra.

Dia mengatakan, kekurangan tersebut karena penempatan guru yang tidak merata, serta adanya penumpukan guru di sejumlah sekolah kecamatan tertentu.

"Semoga kekurangan guru ini dapat diatasi, sehingga peningkatan dunia pendidikan dapat terwujud," tutup Wandra.  (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru