Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Minta Petani Segera Melapor PPOPT Jika Padi Diserang Hama

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Maret 2020 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Barito Timur, Riza Rahmadi menanggapi keluhan petani pada beberapa desa di kabupaten ini terkait hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi.

"Jika petani menemukan adanya serangan hama atau penyakit pada tanaman padi agar segera melapor kepada Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman atau PPOPT yang ada di Balai Penyuluh Pertanian di tiap kecamatan," kata Riza di sela kegiatan Musrenbang Kecamatan Karusen Janang, Senin, 2 Maret 2020.

Menurutnya, Dinas Pertanian Barito Timur akan mengambil langkah cepat untuk mengatasi permasalah yang dihadapi petani agar tidak menimbulkan kerugian yang besar atau gagal panen.

"Pada prinsipnya kita akan membantu mengatasi keluhan petani khususnya terkait serangan hama maupun penyakit pada padi. Semakin cepat semakin bagus, akan kota responlah," janji Riza.

Akibat curah hujan yang tinggi serta sawah di beberapa tempat tergenang banjir, menyebabkan tanaman padi mulai diserang hama dan penyakit.


Seperti yang ditemukan di Desa Ramania hari Minggu kemarin saat Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan melakukan peninjauan sawah yang tergenang banjir dari sungai Patangkep, tanaman padi milik Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Kadri, mulai diserang hama.

Jenis hama yang menyerang tanaman padi di Desa Ramania yaitu blas, ulat daun dan sundep. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru