Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Medis RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Semprotkan Disinfektan di Ruang Khusus IGD Tangani PDP

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Maret 2020 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun terus meningkatkan segala sarana dan parasanan untuk menangani pasien dalam pengawasan (PDP) dengan menyiapkan ruangan khusus instalasi gawat darurat (IGD) yang dilengkapi ruangan Radiologi.

Sebelum digunakan menangani pasien, petugas dengan pakaian pelindung lengkap telah menyemprotkan disinfektan guna sterlisasi ruangan IGD.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr Fahruddin menyampaikan sesuai penanganan kasus Corona Virus atau Covid-19, jika ada pasien yang mengalami tanda - tanda atau gejala virus tersebut begitu tiba di rumah sakit tidak diperbolehkan melalui IGD yang digunakan untuk pasien umum.

Sehingga pihaknya telah menyiapkan ruangan IGD khusus pasien yang mengalami tanda-tanda tersebut dengan sebutan ruangan triase.

"Begitu kita menjemput salah satu pasien yang mengalami tanda tanda Covid-19, maka pasien tidak lagi melewati pintu IGD pasien umum, kita siapkan IGD tersendiri bagi pasien dalam pengawasan itu, sebelum kita masukan dalam ruangan isolasi," katanya, Selasa, 17 Maret 2020.

Lanjutnya, begitu sampai di IGD, pasien dalam pengawasan itu langsung ditangani dokter. Pihaknya telah menyiapkan 10 tenaga kesehatan untuk menangani pasien dalam pengawasan itu.

Di ruangan IGD khusus PDP telah disediakan 1 ruangan Radiologi, karena pasien dalam pengawasan harus dilakukan pemeriksaan torax melalui rontgen yang khusus untuk pasien.

Setelah selesai dilakukan pemeriksaan di ruang IGD maka pasien dalam pengawasan kemudian dibawa ke ruangan isolasi untuk dilakukan observasi medis lebih lanjut.

"Maka perlu diketahui Pasien Dalam Pengawasan itu positif atau negatif terjangkit Covid-19 semuanya harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium balai Litbangkes," katanya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru