Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Timur Minim Peralatan Medis Untuk Penanganan Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Maret 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kabupaten Barito Timur kekurangan peralatan medis maupun perlengkapan lainnya untuk penanganan pasien Suspect Virus Corona atau Covid-19, demikian disampaikan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat 20 Maret 2020.

"Kita memang ada permasalahan kekurangan peralatan rumah sakit, nah kita sudah minta ke pusat dan provinsi," kata Ampera.

Bahkan alat Rontgen yang ada di RSUD Tamiang Layang saat ini juga dalam kondisi rusak.

Menurutnya, Gubernur sudah mengarahkan untuk merujuk ke rumah sakit rujukan yang ada di Palangkaraya atau Muara Teweh jika ada pasien suspect Covid-19, namun tetap dibutuhkan perlengkapan medis terutama pakaian pelindung diri bagi petugas medis karena resiko mereka tertular sangat besar.

Perlengkapan pelindung diri yang dimaksud adalah pakaian yang mirip dengan pakaian astronot, masker, sarung tangan, sepatu boot dan yang lainnya.


"Waktu penanganan  awal di sini kan harus ada alat pelindung diri bagi dokter dan perawat, kalau tidak ada nanti penanganannya jadi lemah," imbuh Ampera.

Selain meminta bantuan dari pusat dan provinsi, dia juga memastikan Pemerintah Kabupaten Barito Timur menyiapkan anggaran bagi penanganan Covid-19.

"Kita ada dana tak terduga 2 miliar, nanti kita akan minta dari provinsi dan pusat juga," kata Ampera.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Simon Biring mengungkapkan, persedian masker kantornya saat ini hanya ada sekitar 500 lembar.

"Kita tidak bagi ke masyarakat karena saat ini kita prioritaskan dulu untuk tenaga medis jika sewaktu-waktu harus menangani pasien suspect Covid-19," jelas Simon. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru