Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karyawan Perusahaan di Patangkep Tutui Ikuti Penyelidikan Epidemiologi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Maret 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - UPTD Puskesmas Bentot bekerja sama dengan Polsek dan Koramil Patangkep Tutui serta Pemerintah Desa Lalap melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap karyawan perusahaan tambang yang beroperasi di Desa Lalap, Kecamatan Patangkep Tutui.

Kepala UPTD Puskesmas Bentot, Belwanto menjelaskan, epidemiologi merupakan ilmu tentang penyebaran penyakit menular pada manusia dan faktor yang dapat mempengaruhi penyebarannya.

Penyidikan epidemiologi yang dilakukan di terhadap karyawan perusahaan tambang bertujuan untuk mengetahui sejak dini jika ada karyawan yang menunjukkan gejala terlular virus Corona atau Covid-19.

"Sasarannya adalah karyawan perusahaan tambang yang baru pulang cuti dari luar daerah wilayah zona merah Covid-19," kata Belwanto di Bentot, Kamis 26 Maret 2020.

Saat kegiatan PE, lanjutnya, karyawan perusahaan diminta mengisi formulir PE
yang berisi poin-poin pertanyaan tentang gejala-gejala yang mungkin dialami oleh yang bersangkutan.

Sementara itu, Sanitarian UPTD Puskemas Bentot Risnawati mengungkapkan, selain melakukan kegiatan PE  di perusahan tersebut, pihaknya juga melakukan kampanye pencegahan Covid-19 di perusahaan dan masyarakat sekitar dengan membagikan selebaran.

"Perusahaan juga kami minta mentaati anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 serta mewajibkan mereka untuk segera melapor jika ada karyawan yang baru pulang dari luar daerah sehingga petugas surveilans dapat memantau dan melakukan PE," kata Risnawati. (BOLE MALO/m) 

Berita Terbaru