Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mobil Tak Dipakai Selama WFH, Ini Perawatan yang Wajib Dilakukan

  • Oleh Teras.id
  • 27 Maret 2020 - 13:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Imbauan kerja dari rumah atau lebih dikenal WFH saat virus corona merebak, tentunya berakibat kendaraan jarang digunakan atau bahkan selama dua pekan ini nganggur. Terlalu lama, kendaraan tidak dihidupkan mesinnya tentu lama kelamaan bisa mengakibatkan masalah.

Kepada Antara, Rizqi, pemilik bengkel Rizqi Autos mengungkapkan hal yang paling umum terjadi jika kendaraan lama tidak dihidupkan mesinnya adalah kerusakan baterai atau aki.

"Kalau paling terasa jelas kalau mobil kita tidak dinyalakan dalam waktu lama, aki yang akan kena," ungkap Rizqi Kamis 26 Maret 2020.

Ia menambahkan, bahwa pemilik kendaraan juga harus tetap memberikan perhatian kepada kendaraan yang terparkir tak digunakan selama WFH.

"Sebisa mungkin mobil dipanaskan beberapa waktu, jangan sampai tidak, karena nanti akan merepotkan pada saat ingin kita bawa kendaraan itu," kata dia.

Menurutnya, kendaraan yang lama tak digunakan atau terparkir lama, tekanan angin bannya juga bisa berkurang. Dia menyarankan, sebelum nanti akan menggunakan mobil itu, sebaiknya cek tekanan angin bannya.

"Ini juga bakalan terjadi kalau mobil lama diam di garasi, ban akan jadi kurang anginnya," jels dia.

Yang tidak kalah pentingnya, menurut pria yang sudah tujuh tahun mengelola bengkel itu, adalah kemungkinan terjadinya korosi pada tangki bahan bakar. Selain bisa berdampak penyumbatan saluran menuju ruang bakar, risiko bocor juga berpotensi membahayakan pengemudi dan penumpangnya.

"Sebelum didiamkan lama seperti saat ini, lebih baik mobil dalam keadaan full (tangki) bensinnya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan dari dampak korosi itu," kata dia.

Dia juga menyarankan pemilik mobil sering membersihkan bagian dalam dan juga luar kendaraan selama kendaraan itu berdiam di rumah dan tidak dipakai.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru